Rabu, 11 Desember 2013

Membuat Raport Sementara

UAS sudah mendekati hari terakhir, para wali kelas 7 atau 9 biasanya disibukkan dengan mengisi raport sementara yang formatnya biasa dibuat sekolah. Pengisian Raport Sementara sama persis dengan pengisian raport asli, jadi seorang wali kelas 7 atau 9 akan mengisi raport sebanyak 2 kali, yaitu raport sementara dan raport asli.
Masalahnya adalah, sewaktu kita menulis angka pada kolom nilai, kita juga harus menulis huruf untuk angka pada kolom nilai. Pada umunya mata pelajaran yang tercantum pada raport adalah 12 mata pelajaran atau lebih, bisa dibayangkan betapa capenya menuliskan huruf-huruf untuk angka pada tiap nilai. Apabila umlah siswa 40 orang, maka kita akan menuliskan huruf untuk nilai sebanyak 12 nilai x 40 raport = 480 kali menuliskan huruf untuk angka nilai, jika menuliskan raport sementara dan raport asli tinggal dikali 2 saja.
Menuliskan nilai dan huruf untuk angka nilai tidak perlu kita lakukan apabila kita memanfaatkan fasilitas makro pada excel. Angka untuk nilai bisa kita kopi dari leger sementara/daftar nilai, sedangkan huruf-huruf untuk nilai bisa kita dapatkan tanpa perlu menulis dengan memanfaatkan makro/VB dari excel.

Cara pengisian Raport Sementara adalah sebagai berikut :
1. Download dulu file Raport Sementara dengan cara klik di sini
2. Setelah mendownload file tersebut di atas, kopikan nilai-nilai tiap siswa dari leger pada kolom nilai raport (jangan lupa kolom KKM harus sudah terisi.
3. Secara otomatis huruf untuk angka nilai yang muncul pada kolom nilai akan muncul tulisannya pada kolom huruf

Selamat mencoba ……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar